Hari Ini:

Rabu 30 Nov 2022

Jam Buka Toko:

07.00 s/d 19.00 WIB

Telpon:

+628998880908

SMS/Whatsapp:

+62 899-888-0908

Email:

apcomp79@gmail.com

Perhatikan! 5 Tips Memilih Monitor CCTV Biar Tidak Salah Beli

18 Mei 2022 - Kategori Blog

Perhatikan! 5 Tips Memilih Monitor Khusus CCTV Biar Tidak Salah Beli | CENTROS CCTVKUDUS.COM

Terkadang CCTV dipasang khusus agar bisa memantau dengan mudah dari perangkat HP anda, sehingga tidak perlu TV atau monitor untuk menontonnya.  Namun, jika Anda membutuhkan Monitor untuk video rekaman CCTV Anda, silakan baca tips kami berikut ini untuk memilih monitor khusus CCTV yang sesuai

Tips Memilih Monitor  CCTV

cctv kudusneon box centros

Tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih monitor untuk video rekaman CCTV Anda.  Berikut 5 tips memilih monitor untuk CCTV agar anda tidak salah membeli monitor

Pastikan Jenis Output pada monitor Anda bisa digunakan pada DVR/NVR CCTV

DVR atau CCTV anda  tidak selalu dilengkapi dengan segala macam kabel output.  Sebelumnya lihatlah berbagai jenis kabel output  DVR di bawah ini:

Kabel RCA (biasanya terdapat pada TV tabung analog)

Kabel RCA Centros CCTV

Kabel ini hanya dapat mengirimkan video, pada resolusi yang kurang tajam, membuat gambar terlihat sedikit pecah dan buram. Selain itu kabel output ini juga rawan rusak karena posisinya yang tidak stabil dan mudah terbentur.

Kabel output VGA (biasanya terlihat pada monitor komputer)

kabel vga centros cctv

Kabel output VGA hanya dapat mengirimkan video  dengan resolusi maksimal 720p atau HD Ready Gambar cukup bagus, tetapi tidak semua TV kompatibel dengan kabel VGA.

Kabel output DVI (biasanya terlihat pada monitor komputer)

kabel dvi centros cctv

Bentuknya hampir mirip dengan kabel VGA, Namun jika diamati lebih teliti sebetulnya berbeda pada port nya. Kabel output DVI dapat membawa video dan audio. Output videonya bisa mencapai 1080p, jadi gambarnya jernih. Namun, input DVI ini jarang  ditemukan pada TV yang tersedia di pasaran.

Kabel output HDMI

kabel hdmi centros cctv

Video yang dihasilkan akan maksimal, dan gambar akan sangat jernih. Jenis input ini hampir selalu tersedia di semua televisi yang ada di pasaran saat ini. Jika DVR Anda mendukung output HDMI, coba gunakan output HDMI untuk hasil terbaik dan juga pastikan  TV yang Anda pilih  mendukung input HDMI.

Intinya perhatikan kabel output  DVR Anda dengan monitor dan pastikan kabel output tersebut sudah support antar keduanya.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Memasang CCTV tidak akan Rugi! 

Perhatikan Ukuran Layar Monitor Anda

Selalu perhatikan 16 kamera sekaligus atau hanya 1, 4 atau 9 channel/kamera sekaligus? Karena Anda dapat menonton lebih banyak saluran secara bersamaan, Anda memerlukan TV  yang lebih besar. Secara umum, jika Anda hanya ingin memantau satu saluran, Anda tidak memerlukan TV yang terlalu besar. Ini karena tampilan gambar tidak dibagikan dengan saluran lain. Kami merekomendasikan menonton 16 saluran/kamera secara bersamaan. Ukuran monitor minimum yang Anda pilih adalah 32 inci. Karena jika  memilih monitor dengan ukuran yang lebih kecil, setiap rekaman kamera terlihat sangat kecil, sehingga sulit untuk menonton CCTV meskipun dalam jarak dekat. Untuk melihat  16 channel, Anda memerlukan TV yang berukuran minimal 32 inci.

Perhatikan Lokasi Peletakan Monitor

Saat memilih monitor yang cocok untuk CCTV Anda, mohon perhatikan lokasi monitor Anda. Apakah Anda akan memantau pengawasan video Anda secara dekat atau jarak jauh? Semakin jauh Anda menempatkan TV, secara otomatis Anda membutuhkan TV yang lebih besar  dan  yang dapat memberikan jarak pandang yang lebih baik. Karena jika hanya berukuran kecil, gambar tidak akan terlihat jelas.

Terkadang lokasi penempatan CCTV juga sedikit sensitif terhadap siapa yang bisa melihatnya. Misalnya, jika Anda memasang CCTV di kantor atau rumah Anda, monitor CCTV biasanya diletakkan secara sembunyi agar pemantauan bisa dilakukan secara lebih privat.  Namun jika dalam sebuah Toko atau minimarket, penempatan monitor terkadang perlu untuk meletakkannya pada lokasi yang strategis, agar pembeli tahu mereka diawasi dan meningkatkan keamanan dan kredibilitas toko.

Baca juga: 6 Lokasi Strategis Memasang CCTV 

Harap Perhatikan Resolusi Output Video dari DVR/NVR dan Kamera

Anda perlu mengetahui resolusi keluaran DVR dan kamera Anda. Untuk memudahkan Anda memahaminya, anggap saja seperti kamera ponsel. Jika kamera hanya dapat mengambil foto dengan beberapa megapiksel, hasil yang ditampilkan oleh kamera akan sama seperti aslinya, dalam arti tidak akan lebih baik. Maka dari itu, jika resolusi  kamera dan DVR Anda tidak mendukung resolusi yang sangat bagus, maka  tidak perlu mencari monitor yang terlalu bagus juga, karena hasilnya akan sama.

monitor cctv spc centros cctv

Misalnya, kamera Anda hanya mendukung resolusi 1080p, maka tidak perlu mencari monitor dengan resolusi hingga 4K, refresh rate nya pun tidak perlu terlalu tinggi, yang penting gambar yang ditangkap kamera berhasil muncul dengan baik pada monitor. Sudah pasti juga akan lebih menghemat Anda karena monitor akan digunakan sepanjang hari 24 jam

Perhatikan Konsumsi Daya

CCTV dan Monitor Anda bekerja hampir setiap waktu 24 jam non stop. Karena itu, Anda juga harus memperhatikan konsumsi daya. Dari konsumsi daya terkecil hingga terbesar adalah  TV LED, TV LCD, TV plasma, TV tabung. Berhati-hatilah saat memilih TV yang Anda gunakan setiap hari.

Baca juga: 7 Trik Mencari Penyedia Jasa CCTV Terbaik 

Solusi Pengadaan CCTV dan Sistem Keamanan di Rumah

Centros CCTV siap membantu mengatasi system keamanan rumah dan kantor Anda. Kami melayani pengadaan system keamanan, seperti CCTV, IP Camera, Alarm system, smarthome, dsb. Di Area Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Grobogan dan Demak. Silahkan kontak pada Whatsapp di bawah