Hari Ini:

Kamis 18 Apr 2024

Jam Buka Toko:

07.00 s/d 19.00 WIB

Telpon:

+6285740362569

SMS/Whatsapp:

+62 857-4036-2569

Email:

apcomp79@gmail.com

Seberapa Penting Sih, Kamera CCTV untuk Perkantoran di Jepara?

05 Januari 2023 - Kategori Blog

Seberapa Penting Sih, Kamera CCTV Menunjang Kegiatan Perkantoran di Jepara? by CENTROS CCTV

Kantormu sudah terpasang CCTV belum? Seperti yang kita ketahui bersama, CCTV adalah sebuah sistem komputasi dengan hasil video untuk menampilkan dan merekam suatu gambar pada lokasi-lokasi yang strategis untuk dipasang.

operator cctv kantor

CCTV sendiri adalah (Closed Circuit Television) yang berarti sebagai jalur transmisinya, menggunakan sinyal tertutup atau rahasia. CCTV umumnya digunakan untuk menunjang sistem keamanan dan juga banyak dipergunakan di berbagai lokasi seperti bandara, kemiliteran, kantor, pabrik, dan toko. Bahkan semakin berkembanya teknologi, CCTV sudah dipasang dalam lingkungan rumah pribadi.

Data menunjukkan bahwa dengan adanya CCTV yang terpasang, mampu menekan angka kejahatan yang mungkin terjadi. Seperti tindak kriminal pencurian, perampokan, dsb. Tentu saja ini sangat dibutuhkan bagi Anda seorang pemilik usaha yang memiliki banyak barang yang butuh anda lindungi, seperti toko, kantor, aset berharga anda seperti kendaran, dsb.

Hal ini jelas perlu karena angka kriminalitas akhir-akhir ini kian marak terjadi. Mulai dari Pencurian sepeda motor, pencurian binatang peliharaan, perampokan, pembegalan, dan tindak kriminal lainnya. Semua kejadian ini juga kian masif terjadi di Jepara.

 

Waspada Kriminalitas di Jepara

Sebagai salah satu daerah yang berkembang pesat dengan dibangunnya pabrik-pabrik baru, Kabupaten Jepara kini menjadi sasaran baru bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tentu saja ini sangat meresahkan bagi para pelaku bisnis. Tanpa system keamanan yang kuat, kantor, toko, ataupun pabrik akan sangat rentan terhadap tindak criminal.

Untuk itulah CCTV dibutuhkan sebagai solusi pertama dari berbagai tindak criminal yang makin meresahkan di Jepara. Kenapa? Karena penjelasannya adalah sebagai berikut:

 

Manfaat Memasang CCTV di Jepara

Mengapa setiap perkantoran, perumahan dan tempat-tempat strategis lainnya butuh dipasang CCTV? Berikut telah kami kutip dari berbagai sumber.

  1. Sebagai alat pantau untuk memonitor tempat usaha Anda.
  2. Meningkatkan kinerja karyawan.
  3. Menghindari tindak kejahatan.
  4. Membantu penyelidikan terhadap tindak kejahatan yang telah terjadi.
  5. Barang bukti bila terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap aset Anda.
  6. Menjadi pengawasan aset perusahaan dan pengawas jalannya kegiatan produksi, di samping pengawas keamanan.
  7. Hasil rekaman CCTV bisa dijadikan arsip kegiatan usaha sehari-hari karena video cctv dapat direkam di NVR.
  8. Dapat melihat dan memonitor lokasi sekalipun dalam keadaan tanpa cahaya dengan menggunakan Infra red kamera.

Baca lainnya >>> Tips mencari vendor CCTV terpercaya!

Perangkat CCTV yang wajib untuk Kantor di Jepara

Sebagai sistem keamanan, CCTV terdiri dari berbagai bagian, yaitu sebagai berikut.

Kamera

Kamera CCTV berfungsi sebagai alat perekam gambar. Pada umumnya, kamera CCTV terdiri dari beberapa tipe yang dibedakan dari segi fungsi, kualitas dan penggunaannya. Terdapat 2 kategori utama yaitu Camera CCTV Network atau IP Camera dan Camera CCTV Analog.

perbandingan hasil cctv analog dan cctv ip camera

Teknologi IP Camera tentu memiliki keunggulannya sendiri karena teknologi ini jauh lebih mutakhir dari pada CCTV Analog yang sejalan dengan harga Kamera IP yang lebih tinggi.

Decoder DVR/NVR

DVR (Digital Video Recorder), adalah perangkat yang digunakan untuk mengolah hasil rekaman kamera CCTV untuk disimpan ke dalam storage Harddisk dan kemudian ditampilkan ke monitor.

penjelasan port-post pada dvr cctv

DVR inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai alat bukti kejadian tindak kriminal, Ketika proses pengadilan, file rekaman CCTV akan tersimpan ke dalam DVR ini.

DVR umum digunakan pada teknologi CCTV Analog, sedangkan pada IP Camera, Decoder yang digunakan adalah NVR (Network Video Recorder).

Baik DVR maupun NVR memiliki spesifikasi masing-masing yang berbeda tergantung dengan banyaknya kamera yang digunakan, dan juga seberapa besar ukuran resolusi kamera

Karena peran vital perangkat ini, jangan lupa tempatkan pada lokasi yang betul-betul aman dari orang lain termasuk karyawan Anda sendiri.

Hard Disk Drive (HDD)

Hard Disk Drive merupakan media penyimpanan data dari gambar video yang telah direkam. Hard Disk Drive dipasang di dalam DVR dan semakin besar kapasitas HDD maka semakin panjang pula proses perekaman yang dapat dilakukan oleh CCTV tersebut.

Kabel Transmisi

Kabel transimisi umumnya ada dua yang digunakan untuk menghantarkan hasil rekaman CCTV dari kamera ke Decoder. Yaitu Kabel Coaxial dan Kabel LAN.

Pertama, Kabel Coaxial, yang merupakan kabel penghantar signal video dari kamera CCTV ke DVR. Kabel ini digunakan dalam system CCTV analog.

Kedua, Kabel LAN, biasa digunakan untuk system IP Camera. Kabel LAN juga memiliki kelebihan yang bisa dikombinasikan dengan Switch dengan port RJ45 yang mampu membagi kabel. Ini bermanfaat ketika jarak antar Kamera terlampau jauh dengan NVR.

Power Supply

Power Supply diperlukan untuk mentenagai masing-masing kamera CCTV. Kebutuhan daya yang diperlukan tentu berbeda-beda tergantung beban dari jumlah kamera yang digunakan.

Konektor

BNC atau Bayonet Neill Concelman adalah tipe konektor RF yang umumnya terpasang pada ujung kabel coaxial sebagai penghubung antara kamera CCTV dengan alat perekam (DVR) dan juga untuk menyambungkan langsung ke monitor. Bisa juga berfungsi untuk perangkat eletronik lainnya misalnya untuk televisi dll.

Sedangkan tipe konektor pada kabel LAN adalah dengan menggunakan Konektor RJ45. RJ45 menggunakan susunan 6 Kabel LAN yang telah diurutkan sesuai dengan seri warna standar. Konektor ini juga biasa digunakan berbagai perangkat elektronik yang membutuhkan jaringan internet melalui kabel LAN.

 

Penutup

Demikianlah artikel tentang CCTV untuk kebutuhan bisnis Anda. Semoga artikel singkat diatas bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi.

CENTROS CCTV menyediakan pelayanan jasa, pengadaan, pemasangan, servis dan perawatan berbagai persoalan IT kantor. Mulai dari CCTV, Security System, Alarm System, Network, dll. Area layanan kami ada di Jepara, Kudus, Demak, Pati, Rembang dan Grobogan.

konsultasi cctv

Hubungi Nomor Telp./WA 0857-4036-2569

, , ,