Hari Ini:

Senin 30 Jan 2023

Jam Buka Toko:

07.00 s/d 19.00 WIB

Telpon:

+628998880908

SMS/Whatsapp:

+62 899-888-0908

Email:

apcomp79@gmail.com

Jangan TV aja yang Digital. Ganti CCTV Analogmu ke Digital dengan Kamera IP!

09 Desember 2022 - Kategori Blog

Jangan TV aja yang Digital. Ganti CCTV Analogmu ke Digital dengan Kamera IP! by Centros CCTV

Kamera IP adalah teknologi terbaru dalam pengawasan. Mereka menjadi semakin populer karena keandalannya, efektivitas biaya dan kemudahan instalasi. Kamera IP dapat diintegrasikan lebih efisien daripada sistem CCTV analog karena mereka tidak memerlukan catu daya tambahan atau aksesori lain untuk beroperasi.

Hasil gambar kamera IP juga sangat memuaskan karena data rekaman disalurkan melalui sinyal digital yang bebas noise.

perbandingan hasil cctv analog dan cctv ip camera

Ada banyak kelebihan kamera IP. Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Pengertian Kamera IP

Kamera IP adalah kamera video digital yang mengirim dan menerima data melalui jaringan (biasanya IP). Kamera IP dapat dihubungkan ke jaringan area lokal (LAN). Perbedaan antara kedua mode operasi ini adalah bahwa dalam mode LAN, Anda ingin kamera Anda dapat terhubung langsung satu sama lain tanpa melalui perangkat lain. Dalam hal ini, semua kamera Anda akan berada pada jaringan area lokal yang sama dan berbagi informasi tentang apa yang terjadi pada satu titik waktu; sedangkan jika Anda menggunakan koneksi internet untuk tujuan transmisi, maka tidak ada batasan tentang seberapa jauh jarak dua jaringan yang berbeda dapat saling berjauhan selama mereka masih dapat berkomunikasi satu sama lain melalui beberapa jenis media seperti kabel Ethernet.

Transmisi data digital yang dihasilkan kamera IP inilah yang membuatnya lebih bebas gangguan gambar seperti yang terjadi pada kamera analog.

Perbedaan Kamera IP dengan CCTV analog

Perbedaan utama antara kamera IP dan CCTV analog adalah cara kedua system ini ketika bekerja.

CCTV analog menggunakan sinyal analog yang ditransmisikan melalui jaringan kabel coaxial. Media pemrosesan gambar cctv analog juga masih menggunakan DVR. Karena masih menggunakan sinyal analog, data gambar yang ditransmisikan sangat bergantung dari kondisi cabel coaxial itu sendiri. Terkadang gambar terlalu banyak noise Ketika terjadi sedikit saja getaran pada kabel.

Sedangkan Kamera IP bekerja pada sinyal digital. Data digital yang dihasilkan kamera IP ditransmisikan dengan metode IP melalui kabel LAN yang tingkat efisiensinya lebih tinggi. Karena tidak perlu sambungan sambungan kabel yang sangat Panjang dari kamera terjauh ke NVR. NVR semdiri memiliki fungsi yang sama dengan DVR pada CCTV analog.

paket cctv hikvision kamera ip cctv

Perbandingan antara sinyal analog dan digital ini bisa Anda saksikan sendiri pada saluran TV UHF. Bahwa TV anlog memiliki tingkat kejernihan gambar yang sangat bergantung pada kekuatan sinyal. Sedangkan TV Digital bekerja dengan sinyal digital yang lebih efisien dan mentransmisikan data secara digital. Jadi sudah pasti akan lebih jernih karena resolusi sesungguhnya dari sumber gambar tidak terganggu atau dikurangi oleh factor eksternal system transmisinya.

Baca juga >>> 5 Merk CCTV Terbaik! Manakah Jagoanmu!

Namun, keduanya juga memiliki beberapa kesamaan diantaranya adalah kemampuan terhubung dengan jaringan Wifi. karena selama semua perangkat jaringan Anda terhubung melalui Wi-Fi, Anda dapat dengan mudah mengontrolnya dari satu perangkat tunggal (ponsel cerdas Anda). Ini berarti bahwa jika ada yang tidak beres dengan kamera tertentu pada sistem Anda – apakah kamera itu tidak berfungsi karena perangkat keras yang rusak atau karena seseorang masuk ke rumah mereka – Anda akan dapat dengan mudah memecahkan masalah apa yang terjadi dengan melihat rekaman langsung langsung melalui aplikasi ponsel Anda.

Kamera IP memiliki banyak keunggulan dibandingkan kamera CCTV analog

Kamera IP lebih efisien daripada kamera CCTV analog. Mereka dapat diandalkan untuk transfer data, dan dapat diintegrasikan secara lebih efisien. Selain itu, mereka memiliki berbagai aplikasi di bidang sistem keamanan dan pengawasan.

Kamera IP menggunakan lebih sedikit kabel. Berbeda dengan CCTV analog yang perlu sambungan Kabel Coaxial tunggal dari setiap kamera ke DVR. Dengan Kamera IP kita dapat menghemat penggunaan kabel, dalam hal ini kabel LAN. Karena transmisi data berbasis jaringan IP. Maka untuk menyambungkannya hanya perlu 1 kabel ke NVR kemudian dapat dicabangkan dengan menggunakan switch hub LAN. Untuk lokasi pemasangan yang jauh antar kamera, ini jelas dapat mengurangi penggunaan kabel yang tidak perlu.

Sistem IP akan juga lebih future prove mengingat perkembangan system keamanan ke depan akan lebih banyak dilakukan dengan mengintegrasikannya dengan berbagai system keamanan lain ke dalam satu data cloud yang terintegrasi. Beberapa brand system keamanan sudah mulai mengembangkan system ini untuk meningkatkan system keamanan yang lebih terintegrasi.

Gambar yang dihasilkan kamera IP jauh lebih jernih dan bebas noise. Ini jelas disebabkan karena system transmisi data sinyal digital jauh lebih maju daripada sinyal analog. Meskipun dengan resolusi kamera yang sama, Kamera IP akan tetap menghasilkan gambar yang lebih baik dan jernih.

Kamera IP sangat dapat diandalkan untuk transfer data.

Kamera IP dapat diandalkan untuk transfer data.

Ini karena mereka memiliki kemampuan untuk mentransmisikan aliran video dan audio melalui jaringan IP, yang dapat digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus. Ini berarti bahwa Anda tidak perlu khawatir kehilangan penyimpanan cloud Anda seperti yang dilakukan oleh jenis sistem pengawasan lainnya jika ada gangguan dalam layanan atau jika Anda mematikan kamera sama sekali karena tidak berfungsi dengan baik lagi!

paket cctv

Fakta bahwa kamera ini mudah diatur juga membuat kamera jenis ini ideal untuk bisnis yang ingin kehidupan karyawan mereka didokumentasikan dalam film tetapi tidak ingin repot dengan menyimpan semua file tersebut secara lokal di komputer atau smartphone (yang dapat menyebabkan mereka dicuri).

Beberapa brand popular menawarkan system cloud untuk menyimpan data rekaman ini dengan berlangganan, dengan biaya langganan tentu saja.

Kamera IP tipe Wireless

Beberapa Kamera IP juga menggunakan system wireless. System seperti memungkinkan kamera hanya butuh satu kabel yaitu hanya kabel power. Karena data rekaman ditransmisikan melalui jaringan IP secara wireless dari Kamer aitu sendiri.

Kelebihan tipe wireless adalah lebih hemat biaya dan mudah dipasang. Tidak memerlukan catu daya tambahan atau aksesori lain untuk beroperasi. Karena tidak memerlukan perangkat encoder terpisah yang kinerjanya tergantung pada bandwidth sinyal video.

Akibatnya, Anda hanya dibebankan perangkat kamera saja yang jika dihitung untuk kebutuhan yang sedikit (rumahan) terbilang lebih murah dan menghemat biaya dalam hal waktu dan biaya instalasi.

Kamera IP wireless juga lebih mudah dipasang karena memiliki bagian yang lebih sedikit dibandingkan dengan sistem CCTV analog: tidak ada kabel atau konektor di antara mereka; semua koneksi dilakukan melalui teknologi nirkabel (WiFi). Tidak adanya kabel memungkinkan pengguna tanpa pengetahuan teknis untuk dengan cepat mengatur perangkat mereka tanpa masalah karena semuanya terhubung melalui teknologi nirkabel alih-alih memerlukan koneksi kabel keras antara bagian-bagian yang berbeda seperti yang ditemukan pada sistem CCTV analog di mana setiap kamera membutuhkan kabelnya sendiri yang terhubung langsung dengan unit perekam/perekam digital lain yang terletak di ruangan lain di dalam kompleks bangunan kami, jadi silakan hubungi kami jika tertarik untuk mengetahui lebih detail tentang cara kerjanya sebelum memutuskan apakah kami cocok atau tidak untuk kedua belah pihak yang terlibat di sini hari ini pada saat ini.

Baca juga >>> Monitor CCTV yang cocok untuk kebutuhanmu!

cctv wireless ip camera

Namun Kamera IP tipe wireless bukan berarti tidak memiliki kekurangan.

Kamera IP wireless hanya menggunakan microSD sebagai media penyimpanan. Keterbatasan storage ini yang menyebabkan kamera ini hanya mampu merekam gambar dengan durasi yang tidak sepanjang Kamera IP yang menggunkan NVR sebagai encoder dan Harddisk sebagai storage penyimpanan.

Kamera Wireless juga agak rawan terhadap gangguan sinyal wireless yang tidak begitu kuat. Ketika jaringan wireless terganggu, kamera akan terputus dari wifi dan tidak mampu terkoneksi secara maksimal dibandingkan dengan kamera IP yang menggunakan transmisi kabel LAN.

Kesimpulan

Kesimpulannya, kamera IP memang memiliki segudang kelebihan dan dapat diandalkan daripada sistem CCTV tradisional atau analog. seperti kemampuan mereka untuk mentransfer data secara digital daripada sinyal analog, kemampuan untuk diintegrasikan dengan mulus ke dalam jaringan tanpa gangguan. Kualitas gambar yang dihasilkan jauh lebih bening. Dan memiliki teknologi yang akan tetap digunakan di masa depan. Serta, Efektifitas dalam penggunaan kabel, bahkan beberapa tipe menggunakan jaringan nir kabel (wireless).

konsultasi cctv

Hal ini membuat Kamera IP sangat ideal untuk digunakan di rumah, bisnis atau di mana pun. Konsultasi kebutuhan CCTV dan perlengkapan IT Anda kepada Centros CCTV & IT Solution. HUbungi saja Nomor Whatsapp di bawah!

 

, , , , ,