Hari Ini:

Kamis 28 Mar 2024

Jam Buka Toko:

07.00 s/d 19.00 WIB

Telpon:

+6285740362569

SMS/Whatsapp:

+62 857-4036-2569

Email:

apcomp79@gmail.com

Cara Mudah Merawat Kamera CCTV

07 Juni 2022 - Kategori Blog

Cara Mudah Merawat Kamera CCTV by CENTROS CCTVKUDUS.COM

Memasang CCTV memang merupakan solusi terbaik untuk mengantisipasi berbagai tindak kejahatan dan memudahkan kita dalam mendeteksi pelaku kejahatan yang tertangkap CCTV. Agar pengawasan video Anda  berfungsi dengan baik, berikut adalah beberapa tip pemeliharaan pengawasan video dan cara merawat pengawasan video Anda dengan benar. Cara ini juga akan membuat Kamera CCTV Anda lebih terawat dan membuatnya lebih awet dan tahan bertahun-tahun lamanya.

pasang cctv di rumah

Jaga kebersihan kamera

Bersihkan CCTV Anda secara teratur. Bersihkan mulai dari  lensa CCTV, disc drive, case, DVR dan monitor. CCTV biasanya kotor karena banyaknya debu yang menempel pada unit CCTV. Bayangkan, jika lensa CCTV Anda tertutup debu, bagaimana CCTV  merekam seluruh rumah ketika banyak debu halus menutupi lensa CCTV? Debu tidak hanya  menghalangi pandangan  lensa CCTV, tetapi juga dapat merusak sistem CCTV.

 

Periksa komponen CCTV secara teratur

Komponen penting  CCTV harus diperiksa secara teratur. Pada unit CCTV terdapat berbagai macam komponen seperti kabel, DVR dan konektor. Ketiga jenis komponen ini harus dalam kondisi baik agar dapat berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk mengecek posisi CCTV agar lensa CCTV tetap berada di posisi rekam yang tepat.

Baca juga: 5 fitur Smarthome ini buat hidupmu lebih mudah

Periksa pengaturan perekaman CCTV

Setiap unit CCTV tentunya dilengkapi dengan fungsi setting untuk memudahkan pemiliknya menyesuaikan segala sesuatunya dengan kebutuhannya. Dari menyimpan rekaman pertama hingga rekaman CCTV terakhir, tindakan pencegahan yang optimal harus dilakukan. Anda juga dapat menggunakan fungsi pengaturan ini untuk menyesuaikan kualitas perekaman.

 

Periksa Akurasi CCTV

Akurasi CCTV juga sangat penting dari Akurasi Waktu (Jam), Akurasi Tampilan, Akurasi Pemantauan Telemetri dan DVR CCTV. Sebelum instalasi, Anda harus memeriksa apakah DVR CCTV Anda berfungsi dengan baik atau tidak. kapasitas  penuh, Anda harus mencadangkan semua gambar CCTV atau hanya memilih beberapa  yang  Anda anggap penting. Setelah mengklasifikasikan rekaman,  Anda dapat menghapus sisanya untuk membuat kapasitas CCTV besar kembali

 

Rawat DVR dengan benar

DVR pada unit CCTV merupakan komponen utama yang berperan sebagai perekam dan menyimpan semua gambar CCTV. Jika komponen ini rusak, dapat dikatakan  CCTV tidak memiliki fungsi komponen DVR, Anda perlu melakukan hal berikut: mengatur DVR dengan benar, memasang komponen tambahan yang kompatibel dengan DVR, memeriksa bagian dalam komponen DVR, memperbarui firmware terbaru sebagai referensi untuk DVR terbaru, maksimalkan pengaturan video CCTV, selalu periksa gambar yang direkam CCTV dengan sukses, dan selalu periksa  pengaturan keamanan DVR. Dengan langkah-langkah sederhana ini, komponen DVR di CCTV Anda pasti akan bertahan dan berfungsi secara optimal.

 

Periksa Kesehatan Harddisk

Harddisk adalah komponen kunci untuk menyimpan data rekaman kamera CCTV. Ketika harddisk CCTV terdeteksi error, biasanya terdengar sirine pada DVR yang menandakan rekaman kamera tidak tersimpan. Maka dari itu, kesehatan Harddisk sangat penting untuk dilakukan. Pengecekan secara berkala harddisk dapat menghindari kemunginan terburuk rekaman CCTV yang tidak tersimpan.

Baca juga: 6 Lokasi Strategis Memasang CCTV

Jika cara-cara di atas sudah Anda praktikkan, kemungkinan besar CCTV Anda akan terus berfungsi dengan baik dan awet lebih lama. bahkan setelah bertahun-tahun dipasang di rumah Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir kamera CCTV Anda rusak atau tidak berfungsi.

teknisi cctv centros

Namun jika Anda kerepotan dengan perawatan CCTV Anda. Tenang saja. Centros CCTV siap membantumu. Selain instalasi, kami juga melayani pelayanan service CCTV area Jepara, Kudus, Pati, Demak, dan Grobogan. Tim ahli kami telah professional dan selalu mengedepankan pelayanan terbaik. Kontak saja pada nomor WA 0857-4036-2569

, , , , , , , , , , , , , , ,